Daftar Blog Saya

Sabtu, 16 Agustus 2014

PERENCANAAN TAPAK Dalam ILMU ARSITEKTUR dan ILMU PLANOLOGI

Sumber Kutipan Referensi: http://bujurplanologi.blogspot.com/2014/04/perbedaan-perencanaan-tapak-dalam-ilmu-arsitektur-dan-ilmu-planologi.html  

Mungkin sebagian ada yang belum mengerti tentang apa perbedaan antara tapak dalam Arsitektur dan tapak dalam Planologi. Sebagian akan menjawab bahwa perbedaan keduanya hanya masalah antar desain, jika Arsitektur lebih menkaji bagian interiornya sedangkan dalam Planologi lebih kepada tata letak lanskap yang akan dibuat menjad sebuah tapak dengan fungsi-fungsi penunjang yang ada didalamnya. Lantas apa hal yang mendasar dari perbedaan kedua, untuk itu kita perhatikan pengertian berikut..

"Apa Itu Pengertian Tapak dan Perencanaan Tapak?"

Tapak merupakan sebidang lahan atau sepetak tanah dengan batas-batas yang jelas, dengan kondisi permukaan serta ciri-ciri istimewa yang dimiliki oleh lahan tersebut. sebuah tapak tidak pernah tidak berdaya tetapi merupakan sekumpulan jaringan yang sangat aktif yang terus berkembng yang jalin-menjalin alam perhubungan-perhubungan yang rumit. Sedangkan perencanaan tapak adalah pengolahan fisik tapak untuk meletakkan seluruh kebutuhan rancangan di dalam tapak. Perencanaan tapak dilakukan dengan memperhatikan kondisi tapak dan dampak yang muncul akibat perubahan fisik diatasnya.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa semua yang berkaitan dengan tapak sangat penting. selain hanya mengetahui pengertian dari tapak maka perlu juga kita ketahui tujuan dari perencanaan tapak.Dalam konteks penataan ruang, orientasi perencanaan tapak dispekulasikan kedalam penyusunan rencana yang bersifat detail. Dalam hal ini dinamakan sebaga analisis tapak. Analisis tapak dalah mengaitkan semua data yang terkumpul sehingga mengetahui kendala dan masalah yang ada pada tapak.

Sebenarnya melihat konseptualitas dari erencanaan tapak yang lebih berfokus kepada objek bangunan yang akan menempati tapak diketahui lebih mengarah ke ilmu arsitektur. Namun mengapa dalam ilmu Planologi juga dituntut kepahaman tentang perencanaan tapak? Adakah perbedaan dari kedua disiplin ilmu ini dalam melihat ruang lingkup konsep perencanaan tapak. 


"Perencanaan Tapak Dalam Perspektif Ilmu Arsitektur"

Tapak dalam peerspektif Ilmu Arsitetur adalah alahan atau tempat dimana bangunan yang direncanakan akan didirikan. Perencanaan tapak dimaksudkan untuk meletakkan bangunan atau kelompok bangunan pada tapak yang ditentukan dengan tepat, maka perlu dilakukan analisis terhadap kondisi rona awal tapak dalam kelebihan dan kekurangannya. Perencanaan tapak dalam ilmu Arsitektur lebih diprioritaskan kedalam keindahan, keserasian dan keestetikaan objek bangunan yang akan menempati jarak.

Untukmendapatkan hasil yng diinginkan dalam proses pengerjaan tapak dilakukan sebuah proses yang dinamakan analisis tapak. Titik fokus perencanaan tapak dalam ilmu arsitektur antara lain lebih berproporsi pada lokasi objek bangunan yang akan menempati tapak, sirkulasi dan pencapaian, zoning, KDB (Koefisien Dasar Bangunan), KLB (Koefisien Lantai Bangunan), GSB (Garis Sempadan Bangunan) dan GSP (Garis Sempadan Pagar).
  1. Lokasi Sekitar Objek Bangunan Yang Menempati Jarak, Lokasi merupakan hal paling utama diidentifikasi oleh arsitek sebelum melakukan pengkoderasian bangunan. Lokasi memegang peranan penting dalam terpenuhinya beberapa syarat pembuatan bangunan hunian yang memuaskan dan nyaman
  2. Sirkulasi dan Pencapaian, Sirkulasi yang dimaksud adalah kemudahan orang-orang di dalamnya mengakses baik bagi pejalan kaki atau kendaraan.
  3. Orientasi Arah Angin, mencakup Ventilasi udara baik dengan pengudaraan alami ataupun buatan.
  4. Orientasi Matahari, mempengaruhi suhu dalam bangunan.
  5. Tautan Lingkungan, lingkungan sekeliling tapak juga berpengaruh pada perletakan bangunan.
  6. Kontur, kontur menantang arsitek untuk membuat bangunan yang menyesuaikan dengan kondisi tanah. Perbaikan kontur dan tanah harus dilakukan sesedikit mungkin. Perataran tanah besar-besaransebaiknya dihindari.
  7. KDB (Koefisien Dasar Bangunan), adalah angka yang digunakan untuk menghitung luas lantai dasar bangunan maksimum yang didirikan diatas lahan.
  8. KLB (Koefisien Lantai Bangunan), adalah angka yang digunakan untuk menghitung luas maksimum lantai bangunan yang didirikan pada lahan.
  9. GSB (Garis Sempadan Jalan), adalah batas dinding terluar bangunan yang didirikan.
  10. Kenampakan Bangunan.
  11. Kebisingan.
  12. Bangunan (Material, Bentuk dan Pola Massa).


"Perencanaan Tapak Dalam Perspektif Ilmu Planologi"

Dalam perspektif ilmu Planologi atau yang biasa yang disebut dengan Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), konsep dan interpretasinya dalam perancanaan tapak digunakan dalam membuat hasil rencana penataan ruang yang rinci atau detail misalnya dalam pembuatan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) atau rencana kawasan proyek tertentu. Dalam setiap sub studi pada ilmu Planologi selalu berspekulasi dengan satu tujuan yakni semua hasil rencana yang berasas pada "Kesejahteraan Masyarakat banyak" bukan pada satu pelanggan seperti asas yang dikenal dalam ilmu arsitektur. itulah mengapa jangkauan analisis dalam proses perencanaan selalu mencakup banyak hal seperti halnya kondisi demografi dan sosial budaya masyarakat setempat. Kajian ruang lingkup Perencanan Tapak dalam ilmu Planologi, lebih fokus pada beberapa aspek meliputi :
  1. Aspek Fisik Dasar yang meliputi beberapa hal yaitu : Administratif, Topografi, Geologi, Hidrologi, Klimatologi, dan Penggunaan lahan.
  2. Kerawanan Bencana.
  3. Analisis Lokasi dan Pola Keruangan, Pola hubungan ruang merupakan suatu bentuk yang menampilkan bahwa hubungan manusia dan ruang tidak dapat dipisahkan, karena manusia selalu berada didalam ruang dan melakukan aktifitas didalam ruang sehingga dapat membentuk hubungan antar ruang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan dalam ruang.
  4. Peraturan Zonasi, Perancangan tapak merupakan bagan dari ruang lingkup peraturan zonasi. Untuk mengetahui karakteristik tapak yang sebenarnya dapat dilihat dalam zonasi tapak. 
  5. Penggunaan Lahan, informasi tentang penggunaan lahan sangat dibutuhkan dalam proses perencanaan tapak. Penggunaan lahan di wilayah/kawasan perencanaan perlu diketahui secara teperinci, terutama untuk mengetahui rasio tutupan lahan, data penggunaan lahan juga perlukan untuk mengetahui pengelompokan peruntukan lahan termasuk aglomerasi fasilitas yang akan membentuk pusat kota serta bangunan-bangunan yang memerlukan persyaratan kemampuan lahan tinggi.
  6. Peraturan Pemerintah, berkaitan dengan perundangan-undagan maka semua hasil dari perencanaan tapak tidak boleh bertentangan dengan peraturan-peraturan terkait untuk mewujudkan hasil rencana yang sustainable (berkelanjutan).
  7. Kondisi Sosial Budaya, analisis aspek sosial budaya ini terdiri dari berasal macam indikator sosial budaya yang dipilih sehingga dapat memberikan gambaran baik secara langsung atau tidak langsung mengenal kondisi sosial budaya masyarakat di wilayah atau kawasan.
  8. Kondisi Ekonomi, dalam spesifikasi ilmu planologi biasanya indikator ekonomi dilakukan dengan bahan analisis LQ atau shift share untuk mengetahui sektor unggulan.
  9. Kependudukan, salah satu pertimbangan dalam melakukan perencanaan tapak adalah kondisi sumber daya manusia dalam cakupan aspek kependudukan.
  10. Ketersediaan dan Kelayakan Infrastruktur. dalam disiplin ilmu Planologi biasanya dalam menyediakan infrastruktur dengan asumsi jumlah penduduk yang menempati satuan wilayah administratif dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimum.

3 komentar:

  1. mita ilmunya dikit kanda wkwkwkwwkwk

    BalasHapus
  2. Jadi ingat dulu waktu kuliah jurusan arsitektur. Disuruh menjelaskan tentang denah, tapak, situasi, siteplan dan blockplan.....hehehehe

    BalasHapus
  3. Saya doakan semoga usahanya laris manis , dan biar cepat tambah laris, cobalah gunakan desain blogspot yang bertuah dan di percaya bisa meningkatkan penjualan hingga 300% ini , Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah , Desain sesuai bisnis anda, gratis subdomain dan hosting unlimited , sekali bayar untuk selamanya, proses cepat murah dan mudah. Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah

    BalasHapus